Tuesday, April 14, 2009

Fuyunghai & Wortel Rebus

Hm, variannya cuman satu macem. Tapi kalo mau ditambahin sayuran, ya... gpp sih. Karena aku males ajah.

Bekal 5
- nasi
- fuyunghai
- wortel rebus

Fuyunghai
(resep diambil dr Pawon Alsa. Menurutku enaaak+gampang tentu sajah). Kalo cuman buat bekal, bikin 1/2 resep ajah.

Bahan Dasar :
5-6 butir telur (tergantung besarnya)
3 siung bawang putih, haluskan
75 gr udang, dicincang halus --> kalo gak ada aku ilangin, ayamnya aku banyakin.
100 gr daging kepiting/ayam/daging sapi cincang --> seringnya aku pake ayam. Sapi+kepiting mahal soalnya. Hehehe.
50 gr kacang polong kalengan ---> kadang aku ilangin. Wong cuman buat bekal doang.
1 btr bawang bombay, cincang halus
garam
merica bubuk
minyak utk menggoreng

Bahan Saus :
1 sdm margarine utk menumis
2 siung bawang putih memarkan
2 bh cabe merah, buang bijinya, iris serong halus
2 cm jahe, iris serong tipis
50 gr wortel, potong seperti batang korek api ---> aku ilangin. Wortelnya dipotong2 ajah, direbus.
1 btg daun bawang, iris tipis serong
200 cc air
1 bh kaldu blok ayam
5 sdm saos tomat botolan
1 sdt cuka
garam
gula pasir
1 sdt tepung kanji/maizena, larutkan dlm sedikit air

Cara Membuat :
Kocok telur bersama bawang putih halus, garam, merica bubuk, masukkan bawang bombay dan daging. Aduk rata.
Goreng dlm minyak panas hingga adonan terendam, setelah bagian bawahnya matang dibalik, tunggu hingga matang. Angkat dan tiriskan

Saus: Panaskan margarin, masukkan bawang putih, tumis hingga harum. Masukkan jahe, cabe merah, wortel, dan daun bawang. Aduk sebentar tambahkan air dan masukkan kaldu blok, masak hingga mendidih, bumbui dg garam/gula/cuka/saos tomat.
Setelah wortel matang masukkan larutan kanji sedikit-sedikit, aduk hingga mengental, tunggu hingga matang benar.
Taruh dadar dalam piring saji, siram dg saus dan taburi kacang polong kalengan.

No comments: