Friday, March 27, 2015

Nasi Merah Paprika Panggang

Selamat pagi. Sejak harus membuat variasi makanan buat bekal suami ke kantor, saya jadi rajin ngeblog kembali. Hurray! :)

Dan bekal hari ini adalah:

- Nasi merah paprika panggang
- tumis pokcoy
- Tahu bacem siram saus BBQ
- Buah: salak dan pir

Resep nasi merah paprika panggang adalah modifikasi dari resep paprika isi nasi daging tomat panggang dari Kecap Bango. Versi saya, daging dihilangkan. Ganti beras dengan beras merah dan minyak goreng dengan olive oil.

Paprika Isi Nasi Daging Tomat Panggang
Versi asli dari Kecap Bango

Bahan:
- 3 cup beras putih mentah, bila ada Basmasti, bisa gunakan Basmati
- 250 gram daging sapi giling
- 3 butir tomat merah segar, potong dadu
- 1 butir bawang bombay, cincang
- 1 gugus bawang putih, geprek, cincang halus
- kecap manis bango secukupnya
- minyak goreng secukupnya untuk menumis
- garam dan lada secukupnya
- air secukupnya
- paprika, potong dua, buang biji-bijinya

Cara Memasak:
- Di pan atau wajan anti lengket, panaskan minyak lalu tumis daging sapi giling bersama dengan bawang bombay dan bawang putih cincang
- Tunggu sampai daging dan bawang berubah warna dan mengeluarkan bau harum. Tambahkan kecap bango, lada, dan garam sesuai selera.
- Angkat daging tumis, sisihkan
- Masukkan beras ke rice cooker, tambahkan air secukupnya, lalu masukkan tumisan daging-bawang dan tomat yang sudah dipotong dadu, aduk rata
- Masak nasi hingga matang, sambil sesekali diaduk
- Setelah matang, masukkan nasi daging tomat ke dalam paprika, isi penuh, susun dalam pinggan tahan panas dan panggang di oven selama 30 menit hingga paprika layu dan nasi menyerap aroma dan rasa paprika
- Siap disajikan

Untuk 4 orang

Thursday, March 26, 2015

Ayam Kukus Jahe

Hari ini bekal yang dibawa suami ke kantor adalah:
- Ayam Kukus Jahe
- Wortel Rebus
- Brokoli Rebus
- Buah: manggis dan anggur
Cuma bisa berharap kulit ayamnya enggak ikut dimakan. :D

Ayam Kukus Jahe
(resep asli dari detik.com)
Bahan:
- 500 gr daging daging paha ayam bagian atas, tanpa tulang (saya seadanya yang ada di kulkas)
- 2 siung bawang putih, parut
- 1/2 cm jahe, parut
- 1 sdm air jeruk nipis
- 1 sdm kecap asin
- 2 sdt garam
- 1 sdt minyak wijen
Taburan:
- 1 sdt cabai merah bubuk
- 1 sdt merica hitam bubuk
Pelengkap:
- Basi putih
- Timun, iris tipis
- Jeruk Lemon
Cara Membuat:
- Aduk dan remas-remas daging ayam dengan bumbu hingga rata. Biarkan terendam minimal 1 jam (kalau saya masukin tupperware, taruh ke kulkas, tinggal tidur).
- Taruh di dalam mangkuk tahan panas
- Kukus dalam kukusan panas selama 40 menit hingga matang. Angkat daging ayam, tiriskan.

Penyajian:
Iris-iris daging ayam. Taruh di atas nasi hangat. Beri sedikit kuahnya, taburi bahan taburan. Sajikan dengan pelengkap.

Untuk 4 orang

Wednesday, March 25, 2015

Sapo Enoki

Tidak terasa sudah seminggu suami saya menjalani food combining. Selama itu juga dia selalu bawa bekal dari rumah. Dan hari ini bekalnya adalah:

- nasi merah
- sambal tempe
- tomat ceri
- sapo tahu (tofu, jamur kancing, enoki, wortel, pokcoy)
- buah pir

Bagaimana masaknya?
1. Olesi teflon dengan olive oil, panggang tofu dan tempe. 
2. Siapkan bahan lainnya
3. Masak sapo (saya dengan bumbu minim hanya terdiri dari bawang putih, lada bubuk, garam). Menunggu sayuran matang, bikin sambal tempe (bawang putih, cabe, garam, kencur). Tadaaaa... cepet kok.

Tuesday, March 24, 2015

Food Combining

Berhubung suami saya kesehatannya "dipantau" sama kantor lewat program kesehatan, jadilah akhir-akhir ini saya masak ala Food Combining. Dan, karena kalau pagi saya juga harus anter anak ke sekolah, jadi lebih banyak lupanya kalau mau foto. :(

Selama enam hari ini, berikut bekal yang suami saya bawa ke kantor:

Hari Pertama
Belum siap beneran buat FC. Jadilah cuma ngubek-ubek apa yang ada di kulkas.
- Ayam Goreng
- Wortel dan Labu rebus
- Selada iris-iris
- Mayo --> Iya, masih pake mayo karena suami belum bisa makan tanpa penyerta.

Hari Kedua
Saya masih belum rela barusan beli stok ayam bumbu dari tukang ayam tapi suami FC-an. Siapa yang mau makan? #irit

- Ayam bakar (ayam bumbu yang saya bakar)
- Wortel dan Buncis Rebus
- Selada iris-iris, kasih air jeruk sedikit
- Saus BBQ (saus BBQ, madu, saus tiram, kecap)

Hari Ketiga
Sudah lumayan bener. Dan stok ayam sudah berkurang. :)
- Nasi
- Sayur Asem (tentu saja sayuran dibanyakin, termasuk wortel)
- Pepes Tahu

Hari Keempat (Minggu)
Ini bukan bekal sih. Tapi sekalian lah.

- Sop kakap merah dibanyakin wortel, tomat, dan daun kemangi
- labu rebus

Hari Kelima
- nasi
- pepes jamur
- Cah bayam (bawang putih, lada, garam sedikit, tumis dengan olive oil)
- Tempe rica

Hari Keenam
- Garang asem ayam tanpa santan
- labu rebus
- tumis tauge dan wortel

So far, menurut suami saya yang tadinya enggak suka sayur, menunya enak. Jadi dia menjalani FC enggak berat-berat amat katanya.

Pertanyaan: bagaimana masaknya? Diakalin. Pepes tahu dan jamur, misalnya. Saya cuma memakai bawang merah iris, bawah putih cincang, lada bubuk, dan garam. Dengan begitu waktu yang diperlukan lebih sedikit.

Selamat makan! Mungkin lain kali saya akan memposting lengkap dengan fotonya. Semoga.

Saturday, December 13, 2014

Mug Cake

Beberapa waktu lalu, saat Jakarta diguyur hujan deras dan didera angin kencang, saya terjebak kemacetan berjam-jam. Total waktu yang harus saya tempuh rumah-kantor adalah 4 jam!! :( Di tengah kemacetan dan kaki yang pegal, saya hanya bisa membayangkan di dalam mobil ada mug cake dan secangkir coklat panas.

Saya tipe orang yang kadang enggak sempat makan di rumah. Jadi terkadang makanan saya bawa di mobil. Saat macet, berhenti di lampu merah, atau kadang di parkiran, di dalam mobil saya makan bekal! :D Dan salah satu bekal enak yang gampang dibikin adalah: mug cake. Bikinnya sekitar 5 menit.

Mug Cake
Resep diambil dari "5 Minutes Chocolate Mug Cake" (kraftrecipes.com)

Bahan:
4 sdm tepung terigu
4 sdm gula pasir
2 sdm cokelat bubuk (diganti milo atau ovaltine enak juga)
1 butir telur
3 sdm susu cair
3 sdm minyak sayur
3 sdm (sesuai selera) chocolate chips, white chocolate, atau bahan lain (optional)
1 mug besar

Cara Membuat:
1. Masukkan bahan kering (tepung, gula, cokelat bubuk) ke dalam mug, aduk rata.
2. Tambahkan telur dan aduk hingga tercampur rata
3. Masukkan susu dan minyak. Aduk sampai benar-benar tercampur dan tidak ada lagi tepung yang kelihatan di dasar gelas.
4. Masukkan chocolate chips atau bahan lain, aduk rata.
5. Masukkan mug ke dalam microwave, masak selama 3 menit dengan temperatur "high". Cake akan mengembang cantik dan bahkan meluber kayak foto saya itu.
6. Keluarkan, dinginkan sebentar, dan makan hangat-hangat. Sajikan dengan secangkir kopi. Perfecto!!!


Warning: Menurut kraftrecipes, resep ini masuk kategori "dangerous cake recipe in the world". Kenapa? Karena hanya butuh waktu 5 menit doang untuk membuat kue cokelat enak. Hahaha. Selamat makan!

Tuesday, November 11, 2014

Oatmeal Bayam

Rencananya hari ini mau bawa bekal. Tapi ternyata pas sudah mau berangkat ke kantor belum masak nasi. :( Akhirnya sudahlah, bikin sesuatu yang simpel. Dan, tadaaaa....

Oatmeal Bayam
Ini resepnya simpel, tapi enak dan mengenyangkan.

Bahan:
1 butir telur ayam
2 sendok makan oatmeal (pake Quaker oat instan yang merah)
1 genggam bayam, cincang
garam secukupnya
merica bubuk secukupnya

Cara Membuat:
1. Kocok telur sampai berbusa. Masukkan semua bahan lain dan aduk rata.
2. Panaskan minyak atau margarin
3. Tuang adonan dan goreng hingga matang
4. Angkat, dinginkan. Enak dimakan dengan saus tomat, saus sambal, atau kecap.

Kalo di foto saya ada tambahan stroberi, iya... stroberinya dimakan sama oatmeal-nya. Tambah enak.... Selamat makan! 

Tuesday, November 04, 2014

Salad Vs Dabu-dabu

Salad ini mirip dengan yang sebelumnya saya posting. Memang, ini hanya memanfaatkan isi kulkas. Selain sayuran, untuk kali ini saya tambah dengan telur rebus dan stroberi. Dan kali ini dimakan dengan sambal dabu-dabu.
Salad dan sambal dabu-dabu
Kalau porsinya masih kurang, bisa ditambah dengan kentang rebus. Enak...! Selamat makan.

Salad Sayur dan Sambal Matah

Masih dalam rangka hidup sehat. Haha. Ya, saya tahu. Pola makan tidak bisa berubah hanya dalam satu-dua hari atau bahkan seminggu-dua minggu. Yang perlu diingat, saya bukan dalam rangka diet. Cuma menurut suami saya, dengan pola makan dan variasi bekal yang akhir-akhir ini saya buat, efek ke badan menjadi enteng. Suami saya kebetulan suka naik sepeda ke kantor, jadi pola makan yang berubah sangat berpengaruh ke tenaga dan badan.

Salad Sayur dan Sambal Matah
Salad Sayur dan Sambal Matah
Bekal ini terinspirasi dari teman kantor yang membeli salad macam begini di pameran produk makanan organik. Salad sayuran yang dimakan dengan sambal matah ternyata enak dan segar. Pedas dan crunchy.

Salad ini terdiri dari: Wortel parut (kebetulan dapat wortel segar yang manis banget di tukang sayur), daun selada, brokoli rebus, mentimun, tomat, dan buncis.

Untuk sambal matah terdiri dari: bawang merah, cabai rawit, dan daun jeruk.

Rainbow Salad

Sometimes, menjadi lebih sehat melintas di benak. Jadi makanan di rumah tiba-tiba berubah dengan berbagai macam variasi makanan sehat. Meski kadang lebih simpel, ternyata saya sering kali malah gak sempat memfotonya. Aktivitas di rumah sekarang "gila-gilaan". Jadi sering kali fokus saya cuma tidur, sebelum menyiapkan diri ke kantor.

Dan ini salah satu menu makanan sehat untuk bekal ke kantor yang sempat saya foto:
Rainbow Salad
Musim mangga, dan kebetulan tetangga sebelah rumah panen. Alhamdulillah, saya dapat hibahan mangga. Rainbow salad ini enak dimakan dengan yogurt, baik plain atau yogurt stroberi. Kalo mau variasi lain, bisa dimakan dengan mayo yang dicampur dengan susu kental manis. Yum! Cocok banget dimakan kala cuaca panas kayak sekarang.

Kotak bekal saya berisi: stroberi, mangga, kiwi, dan apel. Ditambah dengan plain yogurt. Salam sehat! :)