Wednesday, September 26, 2012

Ayam Paprika

Dan bekal hari ini adalah... Ayam Paprika dengan cara masak asal cemplung. Si mbak pedagang tahu sumedang pun lewat, jadi goreng tahu saja. Sayuran? Oooh, itu kesukaan anak-anak, sayuran rebus. :)
Ayam Paprika, Tahu sumedang, sayur rebus
Ayam Paprika ini beneran saya bikin dengan ilmu asal. Beneran deh.

Ayam Paprika:
Bahan:
1 dada ayam, iris fillet
2 siung bawang putih, geprek
1/2 paprika merah, iris kotak
1/2 bawang bombay, iris tipis
1/2 sdt merica bubuk
1 sdt garam
1 sdm saus tiram
3 sdm saus tomat
Air secukupnya

Cara membuat:
1. Tumis bawang putih sampai harum. Masukkan bawang bombay, tumis sampai layu.
2. Masukkan daging ayam, aduk sampe berubah warna
3. Masukkan merica bubuk, garam, saus tiram, saus tomat, air secukupnya
4. Masak sampai matang dan saus mengental

Catatan: Tadi saya masak sih asal cemplung, jadi coba cicip2 dulu yak. Kalau keasinan, tambah gula pasir. :)

Tips merebus brokoli agar kelihatan hijau:
- petik per kuntum, rendam dengan air garam biar ulet2 keluar
- bilas, cuci bersih
- didihkan air, garam, & sedikit baking soda
- setelah mendidih, masukkan brokoli
- voila! brokoli hijau cantek langsung keliatan
- jangan direbus terlalu matang, nanti lembek
Ah, kalo saya, bawa bekal... gak "mengharamkan" makanan beku seperti nugget dan sebangsanya. Sayuran beku pun kadang dipake buat bikin omurice (aah, jadi inget belon pernah posting omurice di sini!). Dan ini bekal saya:
Tumis kangkung, perkedel tempe, rolade
Kali ini bekal dengan catatan bahwa yang bikin perkedel tempe si mbak, bukan saya. Jadi saya tinggal bawa doang. Rolade itu tinggal goreng, beli jadi (semacam nugget). Mari makan.

Mi Goreng & Sarden

Ah, ini cuman emak2 yang kehabisan ide buat bawa bekal apa. Tiba-tiba teringat, waktu kuliah dulu, ada satu warung yang jadi langganan karena makanannya enak. Salah satunya sarden! Sardennya dimasak ulang, kasih irisan cabe rawit yang dipotong bulet-bulet. Kalo jaman kos dulu, si ibu pemilik warung, sardennya dihancurin, airnya dibanyakin. Hahaha. Puedes... enak, murah.
Mi goreng, Sarden Pedas, Bakwan Oncom
Ubek-ubek kotak stok makanan masih ada mi telur. Ya sud lah, mari digoreng sajah. Dan tadaaaaa. Jadi bekal buat ke kantor yang lumayan simpel. Itadakimasu... :)

Thursday, September 20, 2012

Ikan Bilis Pedas & Tumis Tauge

Jadi ya, tukang sayur yang berseliweran di kompleks itu sekarang sering bawa ikan bilis. Tadinya cuman makan ikan bilis kalo pas beli di warung Padang. Tapi sekarang bisa masak sendiri dong. Yang jadi masalah, pas mau masak, baru sadar gak punya cabe ijo! Ya sud lah, kita manfaatkan saja apa yang ada di kulkas. :) Ikan bilis ini cuman saya masak dengan bumbu standar. Jadi saya gak posting resep. Ntar aja kalo pas masak ikan bilis cabe ijo, sesuai pakem. Hehehe. 
Ikan Bilis Pedas & Tumis Tauge
Ngubek-ubek kulkas, nemu juga tauge sisa bikin bakwan kemarin. Daripada nganggur, tumis campur wortel. Bisa buat bekal & makan anak-anak di rumah. Itadakimasu...

Ayam Bekakak

Kalau lihat bahan2nya, kayaknya susah karena kayaknya banyak. Tapi begitu dimasak, enggak tuh. Lumayan cepet kok bikinnya. Menurut saya loh yak.
Ayam Bekakak
Ayam Bekakak khas Betawi ini dimasak bersama bumbu dulu sampai matang. Setelah dingin, masukkan ke kulkas. Kalau misalnya pagi mau buat bekal, tinggal panggang deh. Resepnya saya pake resep Mommy Atli, tapi dengan penyesuaian di sana-sini dari dirikuh. :) Mari makan....!

Wednesday, September 19, 2012

Opor Ayam & Bakwan Oncom Cabe Rawit

Yuhuuuu... ke mana aja saya? Ada sih. Tapi males bener rasanya foto2 bekal. Tenang, saya masih pembawa bekal sejati. Masih bawa bekal ke kantor. Meski kadang2 mentok, mau bawa apa. Dan bekal hari ini adalah...
Opor ayam, Bakwan Oncom Cabe Rawit, Kelengkeng
Bekal ini terinspirasi waktu makan di De' Leuit, Bogor. Waktu makan di situ ada bakwan oncom cabe rawit yang enak banget. :D Makanya, saya bikinlah itu bakwan. Rasanya? Ehm, kalo oncom kan seringnya tawar ya, tapi karena ada cabe rawitnya, jadi lebih enak deh. Mungkin laen kali saya mau kasih irisan daun jeruk. Kayaknya seger tuh. Maapkanlah kalau fotonya kagak jelas karena pake hp. Itadakimasu..... ;)

Bakwan Oncom Cabe Rawit
Bahan:
1 papan oncom
1 sdt garam
2 siung bawang putih
1 sdt ketumbar
2 batang daun bawang, iris tipis
3 cabe rawit, iris bulat
3 sendok makan tepung (boleh campur tepung beras)
1 btr telur (optional)
air secukupnya

Cara Membuat:
1. Oncom dihaluskan
2. Haluskan bawang putih, garam, dan ketumbar
3. Campur semua bahan
4. Goreng deh


Tips:
Opor ayam, kalau mau dibikin pagi, tidak ada salahnya ayam diungkep dulu dengan bumbu. Masukin kulkas. Pagi tinggal kasih santan deh. Gak pake lama.

Tuesday, April 19, 2011

Bekal Lebay

Pertanyaan hari ini: ini bekal saya atau anak saya? huahahaha. :-D

Isinya simpel: Bakwan Sayur, Telur Dadar, dan Tumis Tempe. Tp jadinya lucu kan, kan?

Ini bekal terlebay yang saya bikin. Tadinya sih gak mau bikin bento. Tp dengan lauk begitu, kalo difoto, mana ada bagusnya? :-) Ya sud lah... akhirnya diniatin bikin bento.

Pie Souffle


Pie Souffle
Gak usah mikir ribet. Ini bikinnya lumayan gampang, kok. Menurut saya loh yaaaa. Kecuali bikin kulitnya sih. ;-)
Isinya cuma wortel dan daging ayam. Resep menyusul, kalo saya dah rajin ngetik.

Tumis Putren & Lele Goreng


Kotak makan saya isinya: Tumis Putren, Lele Goreng, dan Tempe Goreng Tepung.
Dah bingung mau masak apa, jadinya masak putren saja. :-) Karena dah lama gak masak ini, rasanya jadi enaaaaak....

Nasi Goreng Kari & Sosis


Yang ini memanfaatkan bumbu jadi juga. Saya pakai bumbu nasi goreng La Rasa yang rasa kari (atau kare?). Cuma saya campur pakai telur dan irisan sosis. Ditambah sosis goreng, yummy!!! ^_^

Tumis Pokcoy & Sayur Putih Telur


Tumis Pokcoy dan Sayur Putih Telur
Ini dibikin waktu saya ngiler2 ama bekal teman kantor saya yang penyuka pokcoy. Hahaha... (hai Nan!).
Akhirnya bikin ini.... Tumis Pokcoy. Bumbunya? Gampang! Cuma bawang putih, geprek, tumis pakai minyak wijen, kasih merica bubuk dan garam. Jadi deh! :-)

Sayur Putih Telur
Ini memanfaatkan sisa putih telur karena habis bikin kue. Putih telur saya rebus, potong2, dan masak bersama udang, kasih santan. :-) Sebenernya bumbunya sama kayak kalau kita bikin sayur kerecek ituw loh.

Sunday, April 17, 2011

Bekal Entah Kapan....


Bekal: Capcay, Ayam Pedas, Bakwan Ikan
Haloow... Sebenernya saya masih sering bawa bekal. Tapi males foto2 karena kamera belum ada beterainya; atau kadang guru ngaji Nikki dah keburu sampe di rumah (gak enak foto2 makanan kalo ada guru ngaji); atau saya yang keburu2 ke kantor. Hahaha. ^_*

Ini bekal entah kapan. Yg pasti belum lama kok. Difoto pake hp aja dan diedit di hp juga. Hohoho. Biarpun hp saya jadul, saya seneng karena buat moto2 hasilnya lumayan.

Capcay dan Ayam masak sendiri. Kalo bakwan ikannya beli jadi. :-) Tipe2 nugget ituw loh. jd kita tinggal goreng2 ajah. Enak kok.

Monday, March 07, 2011

Salad Lagi

Karena kemaren2 dah "makan enak" sekarang waktunya makan "makanan sehat". Wkwkwkw. Gaya banget diriku iniiii. ;-)

Salad dengan isi: Brokoli, Stroberi, Jagung, Granny Smith, Kiwi, Selada. Yum!! Enak, enaaak.

Iya, karena kemaren dah makan mluluk di hotel, terus minggu depan juga sama, lebih baek, sekarang makan yg sehat2. Jujurly, salad di hotel kemaren itu kok gak menarik ya? Jauh lebih menarik buatan saya. :-p

Ini belum saya kasih dressing-nya. Jadi jangan tertipu, seolah saya pake olive oil. Kan saya gak doyan olive oil. Tapi pengen nyobain juga sih, kapan2... kalo dah nemu campuran yg enak. Nah, mari makaaaaan....

NB: semua bahan salad saya beli di pasar dekat kantor. Asyik kan? Di pasar ada kiwi dll. Bisa ditawar pulak. Palagi kalo yg jualan si bapak pemilik lapak. Oh, oh... bisa nawar habis2an. **edisi emak2**

Sup Oyong Kembang Tahu & Udang

Ini bekal saya... hm, kapan ya? :-D Sampe lupa.

Menu: Sup Oyong Kembang Tahu dan Udang Goreng Tepung
Waktu Gege posting soal sup ini di fesbuknya, dah terbayang-bayang pengen bikin. Akhirnya bikin juga. Ternyata enak, enak...
Terus, karena di rumah ada udang, digoreng sajah pake tepung Panko. Kalo pake Panko jadinya cantek ya... warnanya orange! Gak kayak tepung panir biasa yang cenderung jadi coklat.

Resep oyong Gege ada di sini yak: Sup Oyong Kembang Tahu

Thursday, February 24, 2011

Salad Campur

Saya bikin salad karena gampang! Semua saya rebus jadi satu (kecuali brokoli dan buah).

Salad Campur ini isinya: kentang, jagung manis, wortel, brokoli, makaroni, timun, apel. Terus, karena saya gak doyan olive oil, jadi tentu saja... saya memilih mayonaise. Saya beli mayo di TBK, lumayan banyak.
Kalo buat salad, mayo saya campur susu kental manis+air jeruk lemon. Yum!!! Kayaknya satu mangkok pun gak cukup. :-D

Anak-anak saya juga sukaaa. Jadi saya seneng bikin salad. Gampang, dan di rumah laris manis.

Telur Bumbu Bali & Tumis Pare

Karena di rumah lagi ada banyak telur hasil "arisan telur" di kantor, jadi saya bikin telur bumbu bali. Terus, berhubung kapan itu saya baca bahwa pare bisa mencegah penuaan dini, jadi saya bikin tumis pare. Hahaha. Kayaknya kalo dalam sebulan cuman sekali makan pare mah, gak ngefek yak. ;-)

Menu: Telur Bumbu Bali dan Tumis Pare

Lotek, Nugget, Tempe Bacem

Seorang teman, waktu lihat blog ini, berkomentar: "Wuah... bekalmu sehat sekali ya. Banyakan sayuran rebusnya."

Menu: Lotek, Nugget, Tempe Bacem
Nah, sekarang saya kayaknya perlu mengklarifikasi bahwa sepertinya temen saya itu agak bingung membedakan antara niat serius untuk sehat dan kemalesan. :-p
Iya, kalo dah kena males, saya suka cemplang-cemplung ngrebusin sayuran ajah. Gak masalah bagi saya, karena saya pada dasarnya suka sayuran.

Itu tempe bacem cuma saya rebus bersama bumbu ajah, gak saya goreng. Ibu saya menyebutnya tempe godog. Dan itu salah satu menu yang dulu sering muncul di rumah saya di kampung. ^_^ Enak kok. Kata mbaknya anak2, malah lebih enakan direbus aja. Ketika digoreng, katanya gak enak lagi. Hahaha.

Rawon

Begini. Bagi saya, yang waktunya minim, memanfaatkan bumbu instan juga gak masalah. Meski kadang, yaaaah... biar bagaimanapun, bikin sendiri jauuuuh lebih enak.

Bekal yang saya bawa: Rawon & Perkedel Kentang.
Rawonnya pake bumbu instan. Sekali-sekalinya pake bumbu instan, hasilnya mengecewakan. Hahaha. Habis, pengen rawon, tapi tukang sayur kok ya, gak bawa2 kluwek. Jadilah pake bumbu instan. :-(

NB: rawon ini enaknya dimakan sehari setelah dimasak. Lebih mantap.

Pepes Ayam

Halo, apa kabar? Dah lama banget gak apdet yak. Masih bawa bekal, kok. Tapi kadang difoto kadang enggak. Hehehe. ^_^

Ini bekal yang saya bawa entah kapan. Isinya: pepes ayam, jeruk, & kerupuk bangka.