Monday, April 20, 2015

Ayam Kukus Lemon dan Alpukat

Kalau sebelumnya saya posting Ayam Kukus Jahe, kali ini bekal saya adalah Ayam Kukus Lemon. Menurut saya keduanya rasanya mirip, penampakan juga mirip.

Bekal kali ini adalah: ayam kukus lemon, alpukat (alpukat masuk golongan sayur), selada, dan zucchini.

Ayam Kukus Lemon
(resep asli dari detik.com)

Bahan:
- 500 gr daging paha ayam dan dada ayam tanpa tulang, potong besar-besar
- 1/2 sdt merica bubuk
- 1 sdt garam
- 1/2 butir lemon, iris tipis
- 100 gr bokchoy, iris kasar -- saya skip

Bumbu:
- 1/2 cm jahe, iris kecil
- 2 sdm kecap asin
- 1/2 sdt minyak wijen -- saya 1 sdm 
- 1 sdm minyak sayur -- saya ganti olive oil

Taburan:
- 1 sdm daun ketumbar cincang kasar

Cara membuat:
- Lumuri potongan ayam dengan merica, garam, dan irisan jeruk lemon.
- Diamkan selama 30 menit
- Susun sayuran di pinggan atau wadah tahan panas
- Taruh irisan ayam di atasnya
- siram dengan kuah bumbu
- kukus dalam kukusan panas selama 30 menit hingga ayam lunak dan mengeluarkan jus
- taburi dengan daun ketumbar
- sajikan panas

untuk 4 orang

No comments: