Tuesday, April 19, 2011

Bekal Lebay

Pertanyaan hari ini: ini bekal saya atau anak saya? huahahaha. :-D

Isinya simpel: Bakwan Sayur, Telur Dadar, dan Tumis Tempe. Tp jadinya lucu kan, kan?

Ini bekal terlebay yang saya bikin. Tadinya sih gak mau bikin bento. Tp dengan lauk begitu, kalo difoto, mana ada bagusnya? :-) Ya sud lah... akhirnya diniatin bikin bento.

Pie Souffle


Pie Souffle
Gak usah mikir ribet. Ini bikinnya lumayan gampang, kok. Menurut saya loh yaaaa. Kecuali bikin kulitnya sih. ;-)
Isinya cuma wortel dan daging ayam. Resep menyusul, kalo saya dah rajin ngetik.

Tumis Putren & Lele Goreng


Kotak makan saya isinya: Tumis Putren, Lele Goreng, dan Tempe Goreng Tepung.
Dah bingung mau masak apa, jadinya masak putren saja. :-) Karena dah lama gak masak ini, rasanya jadi enaaaaak....

Nasi Goreng Kari & Sosis


Yang ini memanfaatkan bumbu jadi juga. Saya pakai bumbu nasi goreng La Rasa yang rasa kari (atau kare?). Cuma saya campur pakai telur dan irisan sosis. Ditambah sosis goreng, yummy!!! ^_^

Tumis Pokcoy & Sayur Putih Telur


Tumis Pokcoy dan Sayur Putih Telur
Ini dibikin waktu saya ngiler2 ama bekal teman kantor saya yang penyuka pokcoy. Hahaha... (hai Nan!).
Akhirnya bikin ini.... Tumis Pokcoy. Bumbunya? Gampang! Cuma bawang putih, geprek, tumis pakai minyak wijen, kasih merica bubuk dan garam. Jadi deh! :-)

Sayur Putih Telur
Ini memanfaatkan sisa putih telur karena habis bikin kue. Putih telur saya rebus, potong2, dan masak bersama udang, kasih santan. :-) Sebenernya bumbunya sama kayak kalau kita bikin sayur kerecek ituw loh.

Sunday, April 17, 2011

Bekal Entah Kapan....


Bekal: Capcay, Ayam Pedas, Bakwan Ikan
Haloow... Sebenernya saya masih sering bawa bekal. Tapi males foto2 karena kamera belum ada beterainya; atau kadang guru ngaji Nikki dah keburu sampe di rumah (gak enak foto2 makanan kalo ada guru ngaji); atau saya yang keburu2 ke kantor. Hahaha. ^_*

Ini bekal entah kapan. Yg pasti belum lama kok. Difoto pake hp aja dan diedit di hp juga. Hohoho. Biarpun hp saya jadul, saya seneng karena buat moto2 hasilnya lumayan.

Capcay dan Ayam masak sendiri. Kalo bakwan ikannya beli jadi. :-) Tipe2 nugget ituw loh. jd kita tinggal goreng2 ajah. Enak kok.

Monday, March 07, 2011

Salad Lagi

Karena kemaren2 dah "makan enak" sekarang waktunya makan "makanan sehat". Wkwkwkw. Gaya banget diriku iniiii. ;-)

Salad dengan isi: Brokoli, Stroberi, Jagung, Granny Smith, Kiwi, Selada. Yum!! Enak, enaaak.

Iya, karena kemaren dah makan mluluk di hotel, terus minggu depan juga sama, lebih baek, sekarang makan yg sehat2. Jujurly, salad di hotel kemaren itu kok gak menarik ya? Jauh lebih menarik buatan saya. :-p

Ini belum saya kasih dressing-nya. Jadi jangan tertipu, seolah saya pake olive oil. Kan saya gak doyan olive oil. Tapi pengen nyobain juga sih, kapan2... kalo dah nemu campuran yg enak. Nah, mari makaaaaan....

NB: semua bahan salad saya beli di pasar dekat kantor. Asyik kan? Di pasar ada kiwi dll. Bisa ditawar pulak. Palagi kalo yg jualan si bapak pemilik lapak. Oh, oh... bisa nawar habis2an. **edisi emak2**

Sup Oyong Kembang Tahu & Udang

Ini bekal saya... hm, kapan ya? :-D Sampe lupa.

Menu: Sup Oyong Kembang Tahu dan Udang Goreng Tepung
Waktu Gege posting soal sup ini di fesbuknya, dah terbayang-bayang pengen bikin. Akhirnya bikin juga. Ternyata enak, enak...
Terus, karena di rumah ada udang, digoreng sajah pake tepung Panko. Kalo pake Panko jadinya cantek ya... warnanya orange! Gak kayak tepung panir biasa yang cenderung jadi coklat.

Resep oyong Gege ada di sini yak: Sup Oyong Kembang Tahu

Thursday, February 24, 2011

Salad Campur

Saya bikin salad karena gampang! Semua saya rebus jadi satu (kecuali brokoli dan buah).

Salad Campur ini isinya: kentang, jagung manis, wortel, brokoli, makaroni, timun, apel. Terus, karena saya gak doyan olive oil, jadi tentu saja... saya memilih mayonaise. Saya beli mayo di TBK, lumayan banyak.
Kalo buat salad, mayo saya campur susu kental manis+air jeruk lemon. Yum!!! Kayaknya satu mangkok pun gak cukup. :-D

Anak-anak saya juga sukaaa. Jadi saya seneng bikin salad. Gampang, dan di rumah laris manis.

Telur Bumbu Bali & Tumis Pare

Karena di rumah lagi ada banyak telur hasil "arisan telur" di kantor, jadi saya bikin telur bumbu bali. Terus, berhubung kapan itu saya baca bahwa pare bisa mencegah penuaan dini, jadi saya bikin tumis pare. Hahaha. Kayaknya kalo dalam sebulan cuman sekali makan pare mah, gak ngefek yak. ;-)

Menu: Telur Bumbu Bali dan Tumis Pare

Lotek, Nugget, Tempe Bacem

Seorang teman, waktu lihat blog ini, berkomentar: "Wuah... bekalmu sehat sekali ya. Banyakan sayuran rebusnya."

Menu: Lotek, Nugget, Tempe Bacem
Nah, sekarang saya kayaknya perlu mengklarifikasi bahwa sepertinya temen saya itu agak bingung membedakan antara niat serius untuk sehat dan kemalesan. :-p
Iya, kalo dah kena males, saya suka cemplang-cemplung ngrebusin sayuran ajah. Gak masalah bagi saya, karena saya pada dasarnya suka sayuran.

Itu tempe bacem cuma saya rebus bersama bumbu ajah, gak saya goreng. Ibu saya menyebutnya tempe godog. Dan itu salah satu menu yang dulu sering muncul di rumah saya di kampung. ^_^ Enak kok. Kata mbaknya anak2, malah lebih enakan direbus aja. Ketika digoreng, katanya gak enak lagi. Hahaha.

Rawon

Begini. Bagi saya, yang waktunya minim, memanfaatkan bumbu instan juga gak masalah. Meski kadang, yaaaah... biar bagaimanapun, bikin sendiri jauuuuh lebih enak.

Bekal yang saya bawa: Rawon & Perkedel Kentang.
Rawonnya pake bumbu instan. Sekali-sekalinya pake bumbu instan, hasilnya mengecewakan. Hahaha. Habis, pengen rawon, tapi tukang sayur kok ya, gak bawa2 kluwek. Jadilah pake bumbu instan. :-(

NB: rawon ini enaknya dimakan sehari setelah dimasak. Lebih mantap.

Pepes Ayam

Halo, apa kabar? Dah lama banget gak apdet yak. Masih bawa bekal, kok. Tapi kadang difoto kadang enggak. Hehehe. ^_^

Ini bekal yang saya bawa entah kapan. Isinya: pepes ayam, jeruk, & kerupuk bangka.

Thursday, February 10, 2011

Sayur Lodeh, Ikan Asin, Bakwan Jagung


Menu yang dibawa hari ini neh: Sayur Lodeh, Bakwan Jagung, Ikan Asin, Kerupuk Udang.
Yuhuuuu... mari makan. ;-)

Steak Ayam

Eh, kalo ini gak perlu basa-basi deh... toh dari fotonya langsung keliatan. ^_^

Semuanya saya bikin sendiri. Kentangnya juga, gak pake kentang beku. Resep menyusul d. Selamat makan.....

Orak-Arik & Bakso Bakar

Ini bekal paling gampang, paling mudah, paling cepet. ;-)

Orak-arik & Bakso Bakar
Dah pada bisa bikin orak-arik kan yaa...? versi saya bumbunya bawang putih, lada, garam, gula pasir. ^_^
Tumis bumbu, masukkan telur, aduk2, masukkan wortel dan kalo mau buncis, aduk rata. Boleh dikasih air sedikit buat matengin sayuran. Tunggu sampe air habis, angkat.


Bakso Bakar
Terinspirasi waktu makan di salah satu warung bakso.
Bikinnya gampang. Bakso direbus sampai matang. Kemudian bakar sebentar. Setelah itu kasih bumbu. Kalo di warung bakso biasanya pakai bumbu kacang yang buat siomay ituw loh. Versi saya: kasih ajah bumbu pecel (beli jadi, tinggal encerin doang. Hehehe).

Gimanaaaaa...? Simpel semua kan? ^_^

Sayur Bening Bayam, Rolade Sapi, Oncom

Tadaaaa....!! Karena matahari bersinar terang benderang, maka mari bikin sayur bening. Hehehe. Iya, dari kemaren2 Nikki dah minta masakin sayur bening, tapi hujan terus.

Jadi, ini dia bekalnya: Sayur Bening Bayam, Tumis Kentang, Rolade Sapi, & Oncom Goreng Tepung.
Tumis kentang itu saya adain biar makannya ada pedes2nya gitu. Hehehe. :-)
Rolade sapi saya beli jadi loooh. Gak bikin sendiri. Beli kemasan, tinggal goreng doang. :-p

Bayam Rebus, Telur Dadar, & Tahu Isi

Hai... dah berapa hari gak pamer bekal ya? :-D
Ini bekal-bekal yang saya bawa & sempat difoto.

Yang ini isinya: Bayam Rebus, Telur Dadar, dan Tahu Isi.
Kalo ngeliatin postingan2 kemaren pasti sadar deh, banyak banget sayuran rebus. Hahaha. Iya, karena saya suka sayuran2 yang direbus. ;-)

Itu bayam direbus, terus dikasih sambal gula jawa. Dulu, ibu saya sering bikin itu di rumah. ^_^ Sambalnya mirip sambal buat rujak ituw loh.
Telur dadarnya saya campur bawang bombay yang dicincang & daging ayam.

Thursday, February 03, 2011

SGPC


Menu hari ini adalah: SGPC aka sego pecel aka nasi pecel. :-)
Penampakannya begini. Pecel, Telur Ceplok, Kerupuk.

Sambal pecelnya sengaja belum saya encerin. Soalnya kalo diencerin dr rumah, ntar sampe waktunya makan di kantor menggumpal lagi. Jd sekalian ajah ngencerinnya di kantor. ;-)

Waktu masih kuliah, saya & teman saya, kadang2 mampir ke SGPC deket kampus saya itu. Terus pesanannya ya, kayak di atas itu. Pake telur ceplok & kerupuk! (jadi tahu ya, saya dulu kuliah di mana? kqkqkq).

Opor Telur & Sambal Goreng Hati


Opor Telur, Sambal Goreng Hati Ayam & Kentang, Bakwan

Wah! Ngeliatin bekal kali ini, kok berasa kayak Lebaran? :-D Sudahlah. Karena kebetulan dapat jatah telur dari kantor (iyaaaa... tiap hari saya dapat jatah telur dr kantor), jadi saya bikin opor sajah.