Karena kemaren2 dah "makan enak" sekarang waktunya makan "makanan sehat". Wkwkwkw. Gaya banget diriku iniiii. ;-)
Salad dengan isi: Brokoli, Stroberi, Jagung, Granny Smith, Kiwi, Selada. Yum!! Enak, enaaak.
Iya, karena kemaren dah makan mluluk di hotel, terus minggu depan juga sama, lebih baek, sekarang makan yg sehat2. Jujurly, salad di hotel kemaren itu kok gak menarik ya? Jauh lebih menarik buatan saya. :-p
Ini belum saya kasih dressing-nya. Jadi jangan tertipu, seolah saya pake olive oil. Kan saya gak doyan olive oil. Tapi pengen nyobain juga sih, kapan2... kalo dah nemu campuran yg enak. Nah, mari makaaaaan....
NB: semua bahan salad saya beli di pasar dekat kantor. Asyik kan? Di pasar ada kiwi dll. Bisa ditawar pulak. Palagi kalo yg jualan si bapak pemilik lapak. Oh, oh... bisa nawar habis2an. **edisi emak2**
Ini bekal saya... hm, kapan ya? :-D Sampe lupa.
Menu: Sup Oyong Kembang Tahu dan Udang Goreng Tepung
Waktu Gege posting soal sup ini di fesbuknya, dah terbayang-bayang pengen bikin. Akhirnya bikin juga. Ternyata enak, enak...
Terus, karena di rumah ada udang, digoreng sajah pake tepung Panko. Kalo pake Panko jadinya cantek ya... warnanya orange! Gak kayak tepung panir biasa yang cenderung jadi coklat.
Resep oyong Gege ada di sini yak: Sup Oyong Kembang Tahu
Saya bikin salad karena gampang! Semua saya rebus jadi satu (kecuali brokoli dan buah).
Salad Campur ini isinya: kentang, jagung manis, wortel, brokoli, makaroni, timun, apel. Terus, karena saya gak doyan olive oil, jadi tentu saja... saya memilih mayonaise. Saya beli mayo di TBK, lumayan banyak.
Kalo buat salad, mayo saya campur susu kental manis+air jeruk lemon. Yum!!! Kayaknya satu mangkok pun gak cukup. :-D
Anak-anak saya juga sukaaa. Jadi saya seneng bikin salad. Gampang, dan di rumah laris manis.
Karena di rumah lagi ada banyak telur hasil "arisan telur" di kantor, jadi saya bikin telur bumbu bali. Terus, berhubung kapan itu saya baca bahwa pare bisa mencegah penuaan dini, jadi saya bikin tumis pare. Hahaha. Kayaknya kalo dalam sebulan cuman sekali makan pare mah, gak ngefek yak. ;-)
Menu: Telur Bumbu Bali dan Tumis Pare
Seorang teman, waktu lihat blog ini, berkomentar: "Wuah... bekalmu sehat sekali ya. Banyakan sayuran rebusnya."
Menu: Lotek, Nugget, Tempe BacemNah, sekarang saya kayaknya perlu mengklarifikasi bahwa sepertinya temen saya itu agak bingung membedakan antara niat serius untuk sehat dan kemalesan. :-p
Iya, kalo dah kena males, saya suka cemplang-cemplung ngrebusin sayuran ajah. Gak masalah bagi saya, karena saya pada dasarnya suka sayuran.
Itu tempe bacem cuma saya rebus bersama bumbu ajah, gak saya goreng. Ibu saya menyebutnya tempe godog. Dan itu salah satu menu yang dulu sering muncul di rumah saya di kampung. ^_^ Enak kok. Kata mbaknya anak2, malah lebih enakan direbus aja. Ketika digoreng, katanya gak enak lagi. Hahaha.
Begini. Bagi saya, yang waktunya minim, memanfaatkan bumbu instan juga gak masalah. Meski kadang, yaaaah... biar bagaimanapun, bikin sendiri jauuuuh lebih enak.
Bekal yang saya bawa: Rawon & Perkedel Kentang.
Rawonnya pake bumbu instan. Sekali-sekalinya pake bumbu instan, hasilnya mengecewakan. Hahaha. Habis, pengen rawon, tapi tukang sayur kok ya, gak bawa2 kluwek. Jadilah pake bumbu instan. :-(
NB: rawon ini enaknya dimakan sehari setelah dimasak. Lebih mantap.
Halo, apa kabar? Dah lama banget gak apdet yak. Masih bawa bekal, kok. Tapi kadang difoto kadang enggak. Hehehe. ^_^
Ini bekal yang saya bawa entah kapan. Isinya: pepes ayam, jeruk, & kerupuk bangka.
Menu yang dibawa hari ini neh: Sayur Lodeh, Bakwan Jagung, Ikan Asin, Kerupuk Udang.
Yuhuuuu... mari makan. ;-)
Eh, kalo ini gak perlu basa-basi deh... toh dari fotonya langsung keliatan. ^_^
Semuanya saya bikin sendiri. Kentangnya juga, gak pake kentang beku. Resep menyusul d. Selamat makan.....
Ini bekal paling gampang, paling mudah, paling cepet. ;-)
Orak-arik & Bakso Bakar
Dah pada bisa bikin orak-arik kan yaa...? versi saya bumbunya bawang putih, lada, garam, gula pasir. ^_^
Tumis bumbu, masukkan telur, aduk2, masukkan wortel dan kalo mau buncis, aduk rata. Boleh dikasih air sedikit buat matengin sayuran. Tunggu sampe air habis, angkat.
Bakso Bakar
Terinspirasi waktu makan di salah satu warung bakso.
Bikinnya gampang. Bakso direbus sampai matang. Kemudian bakar sebentar. Setelah itu kasih bumbu. Kalo di warung bakso biasanya pakai bumbu kacang yang buat siomay ituw loh. Versi saya: kasih ajah bumbu pecel (beli jadi, tinggal encerin doang. Hehehe).
Gimanaaaaa...? Simpel semua kan? ^_^
Tadaaaa....!! Karena matahari bersinar terang benderang, maka mari bikin sayur bening. Hehehe. Iya, dari kemaren2 Nikki dah minta masakin sayur bening, tapi hujan terus.
Jadi, ini dia bekalnya: Sayur Bening Bayam, Tumis Kentang, Rolade Sapi, & Oncom Goreng Tepung.
Tumis kentang itu saya adain biar makannya ada pedes2nya gitu. Hehehe. :-)
Rolade sapi saya beli jadi loooh. Gak bikin sendiri. Beli kemasan, tinggal goreng doang. :-p
Hai... dah berapa hari gak pamer bekal ya? :-D
Ini bekal-bekal yang saya bawa & sempat difoto.
Yang ini isinya: Bayam Rebus, Telur Dadar, dan Tahu Isi.Kalo ngeliatin postingan2 kemaren pasti sadar deh, banyak banget sayuran rebus. Hahaha. Iya, karena saya suka sayuran2 yang direbus. ;-)
Itu bayam direbus, terus dikasih sambal gula jawa. Dulu, ibu saya sering bikin itu di rumah. ^_^ Sambalnya mirip sambal buat rujak ituw loh.
Telur dadarnya saya campur bawang bombay yang dicincang & daging ayam.
Menu hari ini adalah: SGPC aka sego pecel aka nasi pecel. :-)
Penampakannya begini. Pecel, Telur Ceplok, Kerupuk.
Sambal pecelnya sengaja belum saya encerin. Soalnya kalo diencerin dr rumah, ntar sampe waktunya makan di kantor menggumpal lagi. Jd sekalian ajah ngencerinnya di kantor. ;-)
Waktu masih kuliah, saya & teman saya, kadang2 mampir ke SGPC deket kampus saya itu. Terus pesanannya ya, kayak di atas itu. Pake telur ceplok & kerupuk! (jadi tahu ya, saya dulu kuliah di mana? kqkqkq).
Opor Telur, Sambal Goreng Hati Ayam & Kentang, BakwanWah! Ngeliatin bekal kali ini, kok berasa kayak Lebaran? :-D Sudahlah. Karena kebetulan dapat jatah telur dari kantor (iyaaaa... tiap hari saya dapat jatah telur dr kantor), jadi saya bikin opor sajah.
Yay! Begini kalo emak2 lagi gak mau hidup sehat! :-)
Schotel Indomie & SoyjoySoyjoy-nya biar keliatan agak sehat gitu, cemilannya kacang hijau+buah. Kqkqkqk. ;-)
Masih punya daging ayam di kulkas. Tapi bosen dibikin itu2 mluluk. Akhirnya bikin ini ajah.
Kushikatsu, Kembang Kol, Wortel
Lagi gak punya buncis... jadi keliatan pucat yak, gak ada hijau2nya. Hahaha. Harap maklum, kalo masak buat bekal jadinya kayak gini. Kadang gak matching, kadang gak komplet. Apa yang ada di kulkas ajah. ;-)
Kushikatsu
(resep dr Yasaboga)
Bahan:
- 400 gr dada ayam tanpa tulang
- tepung terigu secukupnya
- 150 gr tepung panir kasar
Kocok rata:
- 1 btr telur
- 100 gr tepung terigu
- 125 ml air
- 1/4 sdt baking powder
Saus-campur dan dididihkan:
- 50 ml kecap inggris
- 2sdm kaldu/air
- 1 1/2 sdm kecap asin
- 2sdm saus tomat
- 1/2 sdt gula pasir
Potong2 daging ayam ukuran sedang. Gulingkan pada tepung terigu, kemudian celupkan pada adonan telur. Gulingkan lagi pada tepung panir sambil ditekan-tekan agar panir melekat sempurna. Goreng dengan minyak yang sedang panasnya. Hidangkan dengan saus.
Begini. Kalo ada daging sapi, saya pasti bingung ngolahnya karena sampe sekarang gak punya panci presto. Huhuhuhu. :-( Jd bingung deh, masak apa yang cepet, tapi gak alot. Akhirnya sudahlah, bikin ini ajah.
Bekalnya: Nasi, Bistik China, Brokoli Rebus, Tahu.
Ini penampakan Bistik China. Agak burem karena masih panas. Gak sadar asapnya nutupin lensa. Hahaha. ^_^
Bistik China
(Resep dari Yasaboga)
Bahan:
- 350 gr daging has dalam, iris tipis melintang serat
- minyak untuk menggoreng
- 1 bh bawang bombai, iris tipis bulat
Saus Bistik, masak dengan api kecil hingga kental:
- 3 sdm saus tomat
- 3 sdt gula pasir
- 1 1/2 sdm kecap asin
- 1 sdt cuka
- 1 sdm kecap inggris
- 1 sdm air/kaldu
Saus Perendam, campur jadi satu:
- 1/4 sdt soda kue
- 1/2 sdt merica bubuk
- 2 sdm kecap asin
- 1 sdm minyak goreng
Rendam irisan daging dengan saus perendam selama 1 jam. Goreng cepat sambil diuraikan dengan minyak banyak dan panas (+/- 3 menit) sampai matang, tiriskan. Gunakan 3 sdm sisa minyak untuk menumis irisan bawang bombai hingga matang dan layu.
Masukkan saus bistik dan gorengan daging, aduk cepat, angkat. Hidangkan panas2, beri brokoli/wortel rebus sebagai pelengkap.
Tipe bekal kalo microwave dah mulai duduk manis di ruang makan kantor. Hahaha. Kalo ada microwave, mau bawa sayur yang pake santan gak masalah. ;-)
Isinya: sayur daun singkong, perkedel ikan ala thai, kerupuk.
Sayur daun singkongnya saya campur dengan teri medan. Dibikin pedas... (alhamdulillah, itu pohon cabe di rumah berbuah dengan lebat). ^_^
Perkedel Ikan ala Thai
(resep dari Yasaboga)
Bahan:
- 500 gr daging ikan, kukus dan haluskan --> kalo males ya, beli ajah ikan yg dah dipresto atau diasap. Hehehe
- 75 gr buncis muda, iris tipis
- 1 sdm daun jeruk purut, iris halus
- 1 sdm akar dan daun ketumbar cincang
- 1/4 sdt garam
- 1 sdt gula pasir
Bumbu yang dihaluskan:
- 5 siung bawang putih, sangrai
- 7 bh bawang merah, sangrai
- 8 bh cabai merah, sangrai
- 1 sdt terasi
- 1/2 sdt garam
- 1 sdt gula pasir
- 2 sdm air asam yang kental
Aduk daging ikan dengan bumbu halus sampai rata. Masukkan bahan lainnya, aduk rata. Bulatkan dan pipihkan dengan garis tengah +/- 4 cm. Goreng dengan minyak banyak sampai matang dan kecoklatan. ANgkat, tiriskan. Hidangkan dengan acar mentimun.
Di rumah, terutama suami, suka banget ama sop kacang merah. Biasanya dimasak dengan daging sapi & wortel. Kacang merahnya biasanya butuh banyak, karena sebagian dimasak utuh, sebagian lagi dihalusin (setelah lunak). Jadi sop ini kuahnya kental.
Isinya: Sop kacang merah, ayam goreng serai, & tahu goreng.
Ayam goreng serainya kemarin bikin sekalian buat stok. Jadi aku bumbuin, terus setelah dingin masukin kotak & kulkas. Kalo pas mau makan, tinggal goreng deh. ;-)
Ayam Goreng Serai
(resep dr Yasaboga)
Bahan:
1 ekor (-/+ 1 kg) ayam negeri, potong 8-12
1 sdm minyak wijen
2 sdm serai, iris halus
1 sdm gula pasir
garam menurut selera
minyak untuk menumis
Bumbu dihaluskan:
4 siung bawang putih
6 bh bawang merah
3 bh cabai merah
1 sdm serai, iris tipis
5 btr kemiri sangrai
Cara Membuat:
- Aduk ayam, bumbu halus, dan bahan lainnya.
- Masukkan dalam wajan, tutup dan jerang di atas api kecil, sambil sekali-sekali diasuk sampai air daging habis, dinginkan.
- Goreng sampai matang kecokelatan, tiriskan. Goreng bumbu sampai kering. Hidangkan ayam, taburkan bumbu goreng.
Ini bekal dengan menu sederhana. Tapi setelah difoto, takjub juga liatnya. Gak nyangka keren juga, padahal lauknya "gitu doang". Hahaha. **narsis**
Isinya: tumis pare & tauge, tempe goreng tepung, & ikan asin.
Ikan asinnya entah pake apa, pokoknya yang tipis banget. Jadi, meski buat bekal, dimakan 5 jam kemudian setelah digoreng, masih tetep "kriuk" loh. ;-)